PERAN BUDAYA SEBAGAI PEREKAT
ANTAR GENERASI
Oleh
Prof. Dr. H. Anwar Hafid, M. Pd.
Dosen FKIP dan Pascasarjana Unhalu
MAKALAH
Disajikan
dalam Seminar Dialog Lintas Generasi akan Cinta Tanah Air, diselenggarakan
Pemeruntah Kota Kendari, 13 Oktober 2012.
PEMERINTAH
KOTA KENDARI
2012
PERAN BUDAYA SEBAGAI PEREKAT
ANTAR GENERASI
Prof. Dr. H. Anwar Hafid, M. Pd.
Dosen FKIP dan Pascasarjana Unhalu
A. Pendahuluan
Budaya dari suatu daerah, merupakan unsur penentu bagi usaha
pembangunan dan modernitas masyarakat daerah yang bersangkutan. Semua perbuatan
manusia ditentukan oleh kebudayaannya. Tata cara masyarakat menghayati,
melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari merupakan cermin
budayanya. Kebudayaan merupakan media pendidikan di mana manusia dapat belajar
untuk memaksimalkan kemampuan akal budinya dalam berkarya dan mencipta.
Persebaran dan perkembangan budaya daerah Sulawesi Tenggara sampai
dengan saat ini semakin kompleks dan beragam merupakan potensi yang masih
terpendam. Oleh karena itu, ethos budaya yang majemuk dari beberapa suku bangsa
di Sulawesi Tenggara pada dasawarsa pertama abad XXI ini, merupakan dasar untuk
dijadikan daya dorong dalam merekatkan persatuan dan persaudaraan antar etnis dan antar
genrasi.
Sebagai dasar, maka posisi budaya saat ini sangat
strategis untuk dapat menjadi pilar kemajuan daerah dalam berbagai sektor
keidupan. Keragaman suku bangsa (Buton, Muna, Tolaki, Moronene, Kulisusu,
Bugis/Makassar, Bajo, Jawa, Sunda, dan Bali) dengan budayanya merupakan potensi
besar untuk dijadikan bahan ramuan menuju suatu produk budaya yang memiliki
nilai manfaat yang tinggi bagi kehidupan manusia di mata masyarakat luar dan
bangsa lain di dunia.
Jika ada pertanyaan, apakah masyarakat Sulawesi
Tenggara siap memeliara persatuan dan persaudaraan antar komunitas menuju masyarakat industrial yang penuh persaingan?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu memerlukan bayangan ke
depan mengenai bentuk masyarakat seperti apa yang akan kita wujudkan pada
kurung waktu tertentu. Tentu saja belum dikonsepsikan
secara bulat, tetapi berbagai suku bangsa dan kelompok-kelompok masyarakat di
Sultra mungkin sudah mempunyai konsepsi masing-masing yang berlainan. Jelasnya
bahwa model masyarakat yang sekarang sudah maju tak mungkin dapat kita tiru
begitu saja, karena lingkungan alam, komposisi penduduk, struktur masyarakat,
aneka ragam budaya, sistem nilai budaya dan agama memang berbeda.
Untuk era sekarang 2012 budaya dan peradaban masyarakat Sulawesi Tenggara berada dalam masa
transisi dari masyarakat yang memiliki unsur-unsur tradisional ke arah
masyarakat yang lebih dominan pada praktek unsur-unsur budaya masyarakat
modern. Meskipun demikian budaya dan peradaban masyarakat Sultra cukup kuat,
baik dalam dimensi budaya material maupun budaya non-material. Budaya material
seperti peninggalan benteng, dan beberapa produk budaya yang memiliki nilai
estetika dan mungkin juga nilai jual tinggi secara ekonomi (gembol, kerajinan
perak). Budaya non-material seperti ethos kerja yang ditunjukkan para pelayar,
dan berbagai kesenian dan tradisi yang memiliki unsur-unsur inovatif atau
motivator dalam meningkatkan kreativitas masyarakat.
Secara teoretis beberapa negara membuktikan bahwa
sosial budaya masyarakat memberi kontribusi positif untuk kemajuan pembangunan
bangsanya. Bangsa Indonesia, dan masyarakat Sulawesi Tenggara akan membuktikan
pula teori itu, melalui penempatan budaya sebagai landasan pengembangan daerah
dalam berbagai dimensi kehidupan, atau dalam ungkapan lain disebut pembangunan
berbasis sosial budaya. Konsep tersebut tidak berarti mengabaikan sikap
keterbukaan terhadap inovasi dari luar yang dapat memperkaya budaya setempat
untuk memacu percepatan pembangunan daerah. Secara empiris bahwa ketertinggalan
Sulawesi Tenggara dalam beberapa matra kehidupan jika dibanding dengan daerah
lain di Indonesia, memerlukan suatu kearifan untuk melakukan lompatan-lompatan
tertentu dalam tangga-tangga perkembangan yang berlaku secara natural dan
evolusioner selama ini.
Budaya baik dalam bentuk material maupun tradisi lisan
sebagai produk dari berbagai aktivitas masyarakat Sultra menunjukkan peradaban
masyarakatnya yang sudah tinggi. Keberadaan benteng di berbagai tempat meskipun
merupakan perpaduan budaya asing (Portugis dan Belanda), tetapi budaya setempat
tetap nampak, demikian pula tradisi berlayar bagi masyarakat Buton dan Bajo
yang mampu mengarungi samaudera bahkan sampai ke Negeri Cina (Anwar, 1999),
merupakan bukti lain adanya local genius
(Wertheim, 1999) masyarakat Sultra. Karakternya tetap bertahan meskipun ada
dorongan kuat dari budaya luar seperti: Islam, Portugis, dan Belanda.
Bagaimanapun, kebudayaan Sultra pada masa awal jauh dari satu kesatuan,
beberapa pola dapat dilihat di dalamnya. Sekarang penduduk Sultra, telah
memiliki tingkat persatuan tertentu dalam bidang keagamaan. Islam merupakan
keyakinan resmi mayoritas penduduk dan Islam juga telah memberi sumbangan pada
terbentunya persatuan dalam domain
kebudayaan itu. Oleh karena itu sangat keliru jika mempercayai bahwa kesatuan
yang ada di Sultra, hanya dihubungkan dengan Belanda dan faktor geografis.
Faktor spiritual dan ekonomi tidak sedikit pengaruhnya dalam proses
terbentuknya kesatuan politik Sulawesi Tenggara sejak terbentuknya Kabupaten
Sulawesi Tenggara berdasarkan PP No. 34/1952 dengan Empat Kewedanan (Thalha, 1982). Sekali lagi faktor sosial budaya
merupakan dasar dan mata rantai yang tidak pernah putus dalam proses
pembangunan di Sulawesi Tenggara. Siapapun yang akan membangun tanpa
mendasarkan pada akar budaya setempat akan mengalami kerapuhan dalam mempertahankan
bangunannya termasuk bangunan politik dan tatanan sosial ekonomi
masyarakat.
B. Posisi Kebudayaan dan Peradaban Daerah Sultra Dewa ini
Suatu hal yang baru dalam proses pembangunan daerah dewasa ini ialah
peranan visi masa depan. Terutama dalam menghadapi era global tanpa batas,
diperlukan suatu visi ke arah mana masyarakat dan daerah kita ini akan menunju.
Tanpa visi yang jelas yaitu visi yang mendasarkan nilai-nilai yang hidup dalam
kebudayaan daerah saat ini, akan sulit untuk menentukan arah perkembangan
masyarakat dan daerah kita ke masa depan, atau pilihan lain ialah tinggal
mengadopsi saja apa yang disebut budaya global. Mengadopsi budaya global tanpa
dasar yang kuat dari kebudayaan sendiri berarti manusia Sultra akan kehilangan
identitas atau jatidirinya. Di sinilah letak pendidikan untuk meletakkan
dasar-dasar yang kuat dari nilai-nilai budaya yang hidup dalam masyarakat
Sultra yang akan dijadikan pondasi untuk membentuk budaya masa depan yang lebih
jelas dan terarah.
Beberapa orang berpendapat bahwa dewasa ini terjadi proses
nasionalisme budaya. Makna kata tersebut bahwa semakin kita hidup dalam zaman
global dan menjadi saling bergantung secara ekonomi, tetapi kitapun semakin
bertindak manusiawi, semakin menegaskan kekhasan kita, semakin ingin mempertahankan
bahasa kita, dan berpegang teguh pada akar dan kebudayaan kita. Menurut Dryden
dan Vos (2000) walaupun orang Eropa bergabung secara ekonomi, tetapi bangsa
Jerman akan semakin Jerman, dan bangsa Perancis semakin Perancis. Kenyataannya,
bahwa semakin berkembangnya teknologi, semakin subur pula upaya melestarikan
warisan budaya dalam berbagai jenisnya. Dalam komunitas individual yang
mengilhami arah baru masyarakat Sultra, khususnya di antara kelompok-kelompok
masyarakat, kita akan melihat prakarsa budaya yang akan berkembang dan
peningkatan harga diri yang luar biasa.
Konsep pendidikan yang berbasis masyarakat (community based education=CBE) perlu mendapat prioritas di daerah
ini, sehingga diharapkan melakukan pergesaran paradigma khususnya dalam kaitan
dengan kebudayaan daerah. Melalui CBE dapat dicegah pencabutan fungsi
pendidikan sebagai alat pembudayaan. Pendidikan nasional dan pendidikan yang
dikembangan di daerah Sultra dewasa ini bersifat intelektualistis dan tidak
memberikan kesempatan perkembangan intelegensi yang menyeluruh dari peserta
didik, dan mengabaikan peran budaya setempat dalam perkembangan individu.
Sementara dalam dunia pendidikan muncul pendekatan baru yang disebut Science Technology Society=STS atau Sains
Teknologi Masyarakat=STM. Artinya pendidikan sebagai proses pembudayaan
masyarakat harus berbasis pada lingkungan masyarakat (lingkungan sosial dan
lingkungan alam). Ini dimaksudkan untuk mendekatkan masyarakat dari
lingkungannya, sekaligus memudahkan proses adaptasi, memupuk kreativitas
sehingga dapat melahirkan inovasi.
Penghayatan dan pengkajian budaya yang minim selama ini, berdampak
langsung terhadap rendahnya pemahaman generasi akan kekayaan budaya daerahnya.
Hal ini terungkap dalam berbagai kesempatan pertemuan ilmiah di Sultra, selalu
muncul keluhan peserta akan kurangnya literatur tentang budaya dan sejarah
Sulawesi Tenggara. Minimnya bacaan dan bahan amatan dalam bentuk pentas budaya,
semakin mengikis kepedulian dan penghayatan masyarakat akan pengembangan budaya
daerah, sehingga dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap pengikisan nilai-nilai
budaya yang memiliki nuansa inovatif yang telah tumbuh pada budaya suku bangsa
yang ada di Sultra.
Telah disadari banyak pihak bahwa salah satu prinsip manajemen dalam
menghadapi polarisasi adalah berpola pada budaya. Para manajer dalam era modern
makin memahami pentingnya budaya dalam pengembangan sumber daya manusia. Namun
harus diakui bahwa perubahan budaya tidak dihasilkan secara langsung melalui
upaya untuk mengubah budaya itu sendiri, tidak pula melalui pelatihan budaya,
pencatatan sejumlah nilai dan keyakinan, atau perintah kepada orang lain untuk
berbudaya. Suatu hal yang pasti bahwa nilai-nilai budaya harus mampu
diinternalisasikan dalam setiap aktivitas sosial masyarakat, sehingga dapat
dengan mudah diadopsi oleh anak sebagai peserta didik atau generasi pelanjut
yang akan mengembangkan kebudayaan itu baik dalam bentuk invensi maupun melalui
proses akulturasi.
Secara sosio-psikologis, budaya masyarakat Sulawesi
Tenggara dewasa ini memiliki ciri-ciri umum, yang berpotensi besar sebagai
pendorong pembangunan daerah. Ciri-ciri itu, adalah:
1. Memiliki naluri untuk hidup bertetangga secara baik
2. Mempunyai keinginan dan sikap kerja sama dalam bentuk
gotong royong, yang diaplikasikan dalam budaya samaturu, pokadulu, dan
sebagainya.
3. Memiliki sikap kekerabatan yang dicerminkan dalam
solidaritas dan tenggang rasa terhadap sesama.
4. Rukun dalam kehidupan, mau bermusyawarah untuk
mencapai kesepakatan.
5. Memiliki semangat juang, ulet, tahan uji, dan
penyabar,
6. Menghormati orang lain yang memiliki status sosial
yang lebih tinggi di masyarakat atau lingkungan kerjanya.
Timbul pertanyaan: apakah ciri-ciri yang diangkat dari
budaya masyarakat Sulawesi Tenggara pada masa transisi 2003 ini dapat digunkan
dalam kehidupan modern? Bagaimana cara mentransformasikannya dalam kehidupan
masyarakat Sulawesi Tenggara pada tata pergaulan berbangsa dan pergaulan antar
bangsa dalam era global?
Jawabannya bisa dijelaskan dengan mencoba meminjam
pada kenyataan hidup masyarakat Cina Perantauan seperti dikatakan oleh Naisbitt
(1997) yaitu bekerja keras dan hemat sebagai ciri menonjol dalam diri
orang-orang Cina. Mereka bekerja dengan menggantungkan diri pada keberanian,
keahlian, dan jiwa wirausaha. Salah seorang Cina Perantauan dari Malaysia
Robert Kuok, menyatakan: sebagai anak-anak kami belajar nilai-nilai moral,
terutama nilai moral Konfusian. Istilah seperti: integritas bisnis, kehormatan,
kata-katamu adalah ikatanmu, sering digunakan oleh orang tua dan mengendap dalam
dada generasi muda. Demikian pula moralitas mulut, harus
dijaga, yaitu: tidak boleh berbicara buruk mengenai orang lain.
Jika kesamaan ciri budaya Cina tersebut yang ada pada
unsur-unsur budaya Sultra dapat diaplikasikan, bukan suatu hal yang naif jika kemajuan
masyarakat Sultra ke depan dapat terwujud, yang pasti bahwa unsur-unsur budaya
inovatif telah terintegrasi dalam beberapa budaya suku bangsa yang ada di
Sultra. Misalnya Orang Buton melekat jiwa dan semangat kebaharian, orang Muna
menonjolkan ethos kerja dan hidup sederhana, orang Tolaki melekat sikap
kegotongroyongan dan kekeluargaan, orang Bugis dengan
dinamika yang tinggi memiliki ethos kerja dan semangat kewirausahaan, orang
Bajo mempertahankan unsur-unsur kedisiplinan dalam aktivitas kesehariannya yang
mengikuti pasang surut air laut, orang Jawa dengan ketekunannya, dan orang Bali
dengan sikap kreativitas dan seninya. Potensi inovatif dari masing-masing suku
bangsa atau budaya komunitas yang ada di Sultra saat ini, harus dipandang
sebagai suatu potensi dan peluang, bukan tantangan dan hambatan pembangunan
menuju kesejahteraan masyarakat Sultra.
Secara filosofi bahwa suku bangsa
yang ada di Sultra telah menetapkan kerangka budayanya. Bagi
masyarakat Tolaki falsafah hidup diungkapkan sebagai berikut:
Medulu mbenao =
satu dalam jiwa
Medulu mbonaa =
satu dalam pendirian
Medulu mboehe =
satu dalam kehendak/cita-cita.
Ketiga ungkapan tersebut dapat
diaplikasikan dalam bentuk:
1. Satu dalam jiwa, diaplikasikan dalam
bentuk:
Mombe kamei meiri ako = saling cinta-mencintai;
Mombeka pia-piarako = saling pelihara-memelihara
2. Satu dalam pendirian, diaplikasikan
dalam bentuk:
Mombekapona-pona ako = saling menghargai pendapat;
Mombeka peha-pehawako = saling ingat-mengingatkan;
Mombeka pei-peiranga ako = saling saran-menyarankan.
3. Satu dalam kehendak/cita-cita,
diaplikasikan dalam bentuk:
Mombeka sudo-sudo ako = saling topang-menopang;
Mombeka tulu-tulungi ako = saling tolong-menolong;
Mombeka tamai ako = saling memberi dan menerima;
Mombeka alo-alo ako = saling ambil-mengambil satu
tenaga;
Mombekakai-kai ako = saling menikmati makanan;
Mombeka powe-powehi ako = saling memberi dan menerima;
(Tarimana, 1989).
Orang Buton menetapkan ikrar dengan ungkapan: Poromu yinda saangu, pogaa yinda
koolota=bersatu tidak berpadu, bercerai tidak berantara. Ditetapkan pula
falsafah hidup, sebagai berikut:
Pomaa maa
siaka = saling kasih mengasihi
Poangka
angkataka = saling hormat
menghormati
Popia piara = saling pelihara
memelihara
Pomae maea = saling malu-memalui (Djarudju, 1989).
Keempat unsur filsafat dan ikrar terbut saling terkait
dan terpadu menjadi ungkapan: Pobinci-binciki kuli=apabila mencubit kulit
sendiri merasa sakit, maka demikian pula jika mencubit orang lain.
Ungkapan tersebut menempati posisi penting dalam tata
pergaulan masyarakat Buton dan berfungsi sebagai pedoman yang memberi arah dan
orientasi kepada kehidupan masyarakat dan kebudayaannya.
Bagi masyarakat Muna telah memegang teguh falsafah
hidup yang dibagi atas landasan moral yaitu:
Dopomoa-moa sighoo = saling menyayangi
Dopo
angka-angka tau = saling menghargai
Dopo pia para = saling tenggang rasa
Dopo
aja-ajati = saling mengadati.
Sedangkan landasan idiil dalam pelaksanaan
pemerintahan, diabstraksikan dalam ungkapan berikut:
Hansu-hansuru ana bhaja sumano keno hansuru liwu;
Hansu-hansuru ana liwu sumano keno hansuru ajati;
Hansu-hansuru ana ajati sumano keno hansuru sara;
Hansu-hansuru ana sara sumano keno hansuru agama.
Artinya:
Biar
hancur badan asalkan jangan
hancur negeri;
Biar
hancur negeri asalkan jangan
hancur hukum;
Biar
hancur hukum asalkan
pemerintah tetap tegak;
Biar
pemerintah dibubarkan asalkan agama tetap tegak (Batoa, 1991; Tamburaka,
1995).
Bagi masyarakat Bugis Ungkapan
sejenis berbunyi:
Namu'ka rusa' taro arung tenrusa taro ade', rusa taro ade'
tenrusa' pattaro pangulu anang, rusa pattaro pangulu anang, tenrusa' pattaro
tau maega.
Meskipun bertentangan dengan aturan
kerajaan/raja, asalkan jangan bertentangan dengan ketentuan adat, meskipun
bertentangan dengan aturan adat, asalkan jangan bertentangan dengan ketentuan
tokoh masyarakat, meskipun bertentangan dengan ketentuan tokoh masyarakat,
asalkan jangan bertentangan dengan kesepakatan orang banyak.
Bahasa filosofi tersebut dari tiga suku bangsa utama di Sultra
mencerminkan keluhuran budaya masyarakat. Potensi tersebut memiliki nuansa
inovatif yang dapat berfungsi sebagai landasan kemajuan budaya dan menjadi daya
dorong utama peningkatan kreativitas masyarakat Sultra, khususnya dalam
mewujudkan masyarakat industrial di alam Sultra Raya pada tahun 2020.
Secara empiris, potensi budaya Sultra yang dapat
dikembangkan dalam mendukung pembangunan, khsusnya di sektor pariwista telah
diidentifikasi oleh Djami (1992) yanga dibagi atas empat unsur budaya, yaitu:
(1) upacara tradisional sebanyak 30 jenis, (2) kesenian sebanyak 68 jenis, (3)
indsutri tradisional sebanyak 23 jenis, dan (4) peninggalan sejarah-budaya
sebanyak 58 jenis. Keempat unsur budaya terdiri atas 180 jenis itu, tersebar di
empat kabupaten (Buton 60 jenis, Muna 45 jenis, Kendari 36 jenis, dan Kolaka 39
jenis).
Selain adanya ciri-ciri tersebut, masyarakat Sulawesi
Tenggara di era 2003 dipengruhi pula oleh sifat-sifat atau budaya seperti
digambarkan oleh Teori X dan Teori Y. Di antara individu masyarakat Sulawesi
Tenggara dewasa ini, terdapat sikap malas, tidak bertanggung jawab, tidak
kreatif, dan hanya bekerja sekedar untuk hidup. Pada sisi lain ciri Teori Y
dapat dijumpai seperti bekerja sebagai suatu kesenangan atau permainan (works is a play), bertanggung jawab, kreatif, dan bekerja tidak
hanya untuk mencari kepuasan fisik, melainkan juga sebagai upaya pemenuhan
kebutuhan sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri (Sudjana, 2000).
Dari segi kreativitas di bidang ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni (IPTEKS), budaya masyarakat Sulawesi Tenggara sampai dengan
saat ini telah menunjukkan kenyataan yang berbeda. Di bidang seni bangunan
(benteng) dan perhiasan cendera mata dalam wujud kerajinan perak (Kendari Werek) menggambarkan bahwa
dewasa ini karya seni masyarakat Sulawesi Tenggara telah dikenal secara
nasional bahkan internasional. Namun di bidang IPTEK, kreativitas itu masih
tertinggal dari daerah dan bangsa lain yang lebih maju. Kreativitas orang
Jepang, Korea Selatan, Amerika dan Eropa Barat di bidang IPTEK berada jauh di
depan kreativitas orang Sulawesi Tenggara dan Indonesia pada umumnya.
Dalam memposisikan budaya Sulawesi Tenggara dewasa ini
untuk dijadikan landasan menuju kemajuan, maka tidak berlebihan kiranya melihat teori Z yang muncul menyertai pembangunan ekonomi Jepang.
Teori ini dikembangkan oleh William G. Ouchi antara lain menyatakan
bahwa orang Jepang terbiasa hidup berdekatan secara harmonis dengan tetangga.
Karena itu orang Jepang memiliki kehidupan yang lebih terbuka sehingga sedikit
sekali rahasia kehidupan pribadi yang tersembunyi. Budaya inilah yang menjadi
faktor penyebab orang Jepang cepat maju, sesuai dengan
kemampuan dan peluang masing-masing, dapat bekerja sama dengan orang lain
secara harmonis, dan dapat menekan sekecilmungkin terjadinya benturan antar
kepentingan masing-masing individu atau kelompok. Sosial budaya masyarakat
Jepang memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan pembangunan bangsanya.
Ciri yang dimiliki masyarakat Jepang dapat dijumpai
dalam budaya masyarakat Sultra dewasa ini, seperti terlihat dari keragaman suku
bangsa yang ada di Sultra merupakan suatu penanda adanya sikap keterbukaan
masyarakat setempat menerima orang luar bersama dengan budayanya. Selama ini,
tidak ditemukan benturan sosial yang berarti baik antar kelompok-kelompok
masyarakat setempat maupun dengan kelompok masyarakat pendatang. Kondisi ini,
merupakan salah satu indikator yang dapat berpengaruh positif terhadap kemajuan
pembangunan daerah di masa depan. Pertanyaannya sekarang: bagaimana
memanfaatkan kondisi ini secara efektif dan efisien dalam pembangunan
masyarakat Sultra yang maju dan berbudaya.
Di negara Industri baru Korea
Selatan muncul Teori W yang dikembangkan oleh Myon-Woo Lee. Teori ini
menekankan bahwa pengembangan budaya teknologi dan industri khusus Korea
Selatan, untuk mengantarkan negara ini menjadi salah satu adidaya ekonomi
dunia. Ia menyarankan perlunya upaya mengoptimalkan penggunaan budaya,
keunggulan geografis, karakteristik penduduk, sumber daya alam, dan kreativitas
masyarakat dalam menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu pusat ekonomi
paling maju di dunia.
Ciri yang menjadi dasar kemajuan Korea Selatan jika dikaji dari
unsur-unsur budaya masyarakat Sulawesi Tenggara dapat ditemukan beberapa
persamaan. Budaya dari berbagai suku bangsa merupakan potensi besar memiliki
unsur-unsur inovatif untuk memacu percepatan pembangunan daerah, penduduk yang
memiliki latar belakang sosial budaya yang berbeda didukung oleh sikap
toleransi yang tinggi merupakan modal besar untuk mewujudkan suatu perpaduan
unsur-unsur budaya yang dapat melahirkan budaya besar seperti halnya yang
terjadi di Mesir Kuno, dan Yunani Kuno. Sumber daya alam baik di darat dan di
laut merupakan daya dukung yang cukup strategis didukung pula oleh adanya
potensi untuk mengembangkan sikap kreativitas yang telah dimiliki oleh
sebagaian individu dan kelompok masyarakat seperti ditunjukkan oleh para
perajin dan pelayar dari berbagai etnik yang ada.
Kebudayaan, termasuk kebudayaan daerah Sultra harus dipandang sebagai
suatu proses yang berkesinambungan. Dalam proses berkesinambungan itu tentunya
daya cipta memegang peranan penting. Daya cipta lahir dari manusia yang
kreatif. Manusia kreatif tidak lahir dengan sendirinya tetapi muncul karena
adanya rangsangan dari keseluruhan kebudayaan masyarakat di mana dia hidup,
termasuk rangsangan dari pranata sosial yang bernama lembaga-lembaga pendidikan
(Tilaar, 1999a).
Dalam Kongres Kebudayaan 1991 berkembang pemikiran bahwa kebudayaan
Indonesia sejak pertengahan abad ke-19 sampai sekarang merupakan suatu garis
perkembangan dari feodalisme sampai demokrasi, dan dilanjutkan dengan
globalisasi. Proses globalisasi melemahkan egosentrisme budaya Eropa terhadap
budaya Timur. Perkembangan kebudayaan Eropa dimulai dengan masyarakat berbudaya
dengan agama, kemudian dengan seni, dan dewasa ini dengan ilmu pengetahuan dan
teknologi. Konsep kebenaran yang dahulunya mempunyai sifat spiritual, sekarang
sifatnya rasional dan ilmiah. Sedangkan perkembangan kebudayaan masyarakat
Sultra berawal dari masyarakat berbudaya dengan religius (animisme, dinamisme
dan totemisme), kemudian sekarang sedang mengalami transisi kepada masyarakat
berbudaya melalui rasionalitas dan limiah. Budaya kita tidak mengalami periode
pemujaan yang berlebihan terhadap kesenian seperti halnya budaya Eropa pada
masa renaissance. Budaya bangsa dan daerah Sultra berjalan pada dua kurung
waktu dari periode magis-religius kepada periode rasionalitas ilmiah dengan
tidak melupakan aspek religius keagamaan (Islam, Kristen, dan Hindu).
Kecenderungan pakar kebudayaan melihat peran pendidikan dalam pengembangan kebudayaan. Orientasi pendidikan nasional yang tentu saja berpengaruh langsung terhadap pendidikan Sultra terlalu menekankan pada domain kognitif, dibandingkan dengan domain afektif dan psikomotorik. Hal ini berarti sangat kurangnya sumbangan pendidikan terhadap peningkatan wawasan dan aprsiasi kebudayaan dan kesenian. Masalah sentral yang muncul sejak waktu itu ialah bagaimana sistem pendidikan kita menghasilkan warga masyarakat yang bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai budaya daerah, dalam kehidupan politik, ekonomi, hukum dan sosial. Dalam konteks ini dunia pendidikan di Sultra saat ini perlu dipacu untuk secara berencana dan terarah melahirkan manusia-manusia berbudaya yang sadar, terdidik, dan berkualitas.
Dalam usaha mewujudkan masyarakat industrial yang berbasis sosial budaya Sultra, maka tidak berlebihan mengutip pendapat Tilaar (1999a) yang menawarkan beberapa strategi dengan asas-asas: (1) kesatuan, (2) ketahanan dan kelangsungan hidup, (3) kemerdekaan berpendapat, (4) kesejahteraan, (5) pengembangan akal budi, (6) kreativitas, (7) keterbukaan, (8) ketuhanan, (9) kemanusiaan, (10) kemandirian, (11) kejujuran, (12) kesederhanaan, (13) kekeluaragaan, (14) kebhinnekaan, (15) kerakyatan, (16) keadilan sosial, (17) ketertiban, (18) keseimbangan, dan (19) kepemimpinan. Asas-asas tersebut pada kenyataannya dapat dijumpai dalam unsur-unsur budaya yang ada pada beberapa suku bangsa yang ada di Sultra ini, sehingga kalau kita akan memanfaatkan sari pati budaya yang ada untuk dikembangkan dalam Sultra raya menuju masyarakat industrial sangat memudahkan masyarakat melakukan adaptif.
Berbagai studi tentang periode transformasi secara tipikal didahului oleh bermacam-macam indikator sosial, banyak diantaranya identik dengan gejala-gejala krisis kita dewasa ini. Pada masa-masa perubahan budaya, indikator-indikator ini cenderung muncul dalam satu hingga tiga dasawarsa sebelum transformasi sentral terjadi, yang semakin meningkat frekuensi dan intensitasnya pada masa transformasi itu mendekat, dan kemudian menurun lagi setelah transformasi itu terjadi. Oleh Capra (1998) diidentifikasi pola-pola kebangkitan dan keruntuhan peradaban-peradaban besar di sekitar Laut Tengah, yaitu berturut-turut: Sumero-Akadia, Mesir Kuno, Aegean, Syria, Yunani, Islam, Kristen Ortodoks, dan Barat.
Transformasi budaya semacam ini merupakan langkah-langkah esensial dalam perkembangan peradaban. Kekuatan-kekuatan yang mendasari perkembangan ini semakin kompleks, dan para sejarawan tidak memiliki teori dinamika budaya yang komprehensif, tetapi tampak bahwa semua peradaban berjalan melalui kemiripan siklus proses-proses kejadian: (1) geneses of civilizations, (2) growths of civilizations, (3) Decline of civilizations (i) breakdowns of civilization, (ii) disintegration of civilization, (iii) dissolution of civilizations (Toynbee, 1956).
Suatu bangsa atau peradaban pada dasarnya melalui proses evolusi: kelahiran, perkembangan, dan keruntuhan (kemerosotan, kehancuran, dan lenyap). Toynbee menyatakan bahwa suatu kebudayaan dapat lahir dan berkembang karena adanya challenge and response antara manusia dengan alam sekitarnya. Proses lahirnya suatu kebudayaan merupakan suatu transisi dari kondisi statis ke aktivitas dinamis. Transisi ini mungkin terjadi secara spontan, melalui pengaruh beberapa peradaban yang telah ada atau melalui disintegrasi dari satu peradaban atau lebih dari generasi yang lebih tua. Suatu pola dasar perkembangan kebudayaan adalah melalui proses tantangan dan jawaban. Tantangan dari lingkungan alam dan sosial memancing tanggapan/jawaban kreatif dalam suatu masyarakat atau kelompok sosial yang mendorong masyarakat itu memasuki proses peradaban.
Peradaban terus tumbuh ketika jawaban terhadap tantangan awal berhasil membangkitkan momentum budaya yang membawa masyarakat keluar dari kondisi tidak stabil memasuki suatu keseimbangan berkelebihan yang tampil sebagai tantangan baru. Melalui cara ini, pola tantangan dan jawaban awal terulang dalam fase-fase pertumbuhan berikutnya, di mana masing-masing tanggapannya berhasil menimbulkan suatu kondisi yang menuntut penyesuaian kreatif baru (Capra, 1998).
Jika mengacu pada pemikiran Toynbee tersebut, maka budaya dan peradaban Sultra saat ini berada pada tahapan awal perkembangan. Apa yang dilakukan oleh pemerintah dan rakyat Sultra sejak saat ini dengan membuat rancangan pembangunan yang visioner dan berbasis pada sosial budaya daerah merupakan suatu bentuk kebangkitan budaya dalam arti terjadi proses kesinambungan budaya sebelumnya.
Harus disadari bahwa perubahan sosial hendaknya tetap berakar pada budaya. Masyarakat sejahtera yang didukung industri adalah wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan berciri suka rela (voluntary), keswasembadaan (self-generating), dan keswadayaan (self-supporting), kemandirian tinggi berhadapan dengan negara dan ketrkaitan norma-norma atau nilai-nilai hukum yang diikuti oleh warganya.
Sebagai suatu pandangan, kebudayaan dalam menjawab arah pembinaan masyarakat industrial, akan bertumpu pada asumsi perspektif filosofis yang disebut dengan berpijak atau berakar pada nilai. Tumbuhnya masyarakat industrial sebagai sebuah era baru sangat berkaitan dengan kehidupan budaya. Perubahan nilai sangat terkait dengan manifestasi dinamika kebudayaan. Nilai-nilai akan menjadi acuan dan sikap perilaku manusia, sebagai makhluk individual yang tak bisa lepas dari masyarakat sekitarnya dengan orientasi budaya yang khas.
Pada dasarnya masyarakat industrial merupakan bagian yang integral dengan bangunan budaya yang menyeluruh. Hal ini harus dicari garis paralel dalam sistem sosial yang ada, sehingga dapat dilihat kekuatan masyarakat yang mampu menjadi penyeimbang dan pengawas terhadap kekuatan pemerintah. Pada akhirnya akan menghasilkan sebuah konsep bahwa “budaya sebagai sebuah karakter”. Hal ini penting, karena realitas masyarakat majemuk, yaitu terbelah menjadi kelompok-kelompok kecil dengan ciri dan arah yang spesifik.
C. Kendala-kendala Budaya dalam Rangka Pengembangan Masyarakat Industrial
Beberapa
kendala kultural dalam masyarakat Sulawesi Tenggara antara lain:
1.
Rendahnya
disiplin dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2.
Kreativitas masih
rendah terutama dalam bidang IPTEK
3.
Kurang tegas
dalam bersikap terhadap sesuatu sehingga sulit membedakan antara yang baik dan
tidak baik, setuju dan tidak setuju.
4.
Fluralitas
masyarakat Sultra dalam sosial budaya (suku, bahasa, agama, adat-istiadat)
5.
Munculnya gejala
penurunan sikap solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat.
6.
Menurunnya rasa
percaya diri kepada orang lain.
Tantangan sosial budaya dalam bentuk pluralitas
masyarakat Sultra, tidak hanya berkaitan dengan budaya, tetapi juga dimensi
sosial, politik dan ekonomi masyarakat. Meskipun kesatuan politik telah
terbentuk selama setengah abad (51 tahun), pluralitas masyarakat kurang
dimanfaatkan sebagai potensi yang dapat didinamisasikan untuk memacu
pembangunan. Kebijakan pembangunan selama ini termasuk pembangunan daerah
justru terkesan menjadikan masyarakat yang majemuk menjadi suatu masyarakat
yang mengarah pada bentuk uniformitas. Dampak dari kebijakan tersebut, adalah
meningkatnya semangat egosentrisme. Ini dapat dilihat dari meningkatnya
aspirasi tentang pentingnya putra daerah untuk diangkat menjadi pejabat. Gejala
ini terjadi karena masyarakat kurang begitu percaya pemimpin dari daerah lain
akan dapat membawa kesejahteraan bagi diri dan daerahnya. Rasa saling tidak
percaya ini, telah menjadi kendala yang serius dalam mewujudkan kesejahteraan
yang didukung oleh manusia-manusia yang melek teknologi dan industri.
Kecuali itu, terdapat kesan yang kuat bahwa solidaritas sosial makin menipis dalam kehidupan masyarakat akhir-akhir ini, dapat dicermati dari berbagai praktek kehidupan yang berjalan. Orang tidak begitu peduli lagi dengan kehidupan orang lain. Egoisme semakin menonjol, yang mewarnai berbagai bentuk kehidupan masyarakat terutama di perkotaan. Egoisme yang semakin menebal ini telah menjadikan mentalitas masyarakat Sultra tidak mudah untuk mengakui keunggulan masyarakat atau bangsa lain. Dalam berbagai kasus egoisme itu ditunjukkan pula dengan sukarnya kebanyakan individu untuk menerima kekalahan secara sportif. Padahal salah satu pilar penting bagi terwujudnya masyarakat sindustrial adalah hadirnya solidaritas sosial dalam menuju kesamaan pandangan.
Rasa percaya diri kepada orang lain menurun dari waktu ke waktu. Ini pun akhirnya mengimbas pada menipisnya rasa percaya diri masyarakat. Gejala tersebut dapat dicermati dari rasa kuatir yang berlebihan pada berbagai segmen masyarakat untuk berbuat. Orang selalu merasa kuatir kalau-kalau yang dilakukannya keliru. Orang menjadi malas walaupun dia yakin apa yang akan dilakukannya itu benar.
Dalam upaya mengurangi rasa percaya diri itu, orang mulai menempuh jalan pintas dengan menggunakan berbagai alat pelindung dan topeng, antara lain dalam bentuk pemilikan atribut benda-benda yang dipandang bergengsi, dan berbagai macam dalih kemunafikan yang dipandang dapat menyelamatkan muka. Rendahnya rasa percaya diri ini secara riil dapat kita lihat pada maraknya budaya “Asal Bapak Senang” yang melanda kalangan masyarakat kita. Rasa percaya diri inilah yang sesungguhnya secara signifikan berpengaruh pada keyakinan seseorang untuk mengatakan "ya” sebagai “ya”, dan “tidak” sebagai “tidak”. Jika ditelusuri secara mendalam, maka rendahnya rasa percaya diri ini bertalian erat dengan budaya feodalisme yang membentuknya. Karena itulah, untuk menunjang terwujudnya proses pembentukan masyarakat industrial, diperlukan rasa percaya diri yang tinggi pada masyarakat. Dalam kaitan ini, perlu pendekonstruksian budaya feodal menjadi budaya yang lebih egaliter dalam tata kehidupan masyarakat Sultra. Sebab, dalam budaya egaliter itulah, mentalitas warga masyarakat akan dapat terlatih untuk bisa menghargai orang lain, tanpa harus melihat atribut-atribut yang melekat pada diri orang lain itu. Hanya dengan penghargaan terhadap orang lain itulah, kepercayaan diri orang per orang akan dapat tumbuh tanpa merasa ada gangguan dan tekanan kultural-psikologis, sebagaimana dalam budaya feodal.
Kita tidak berpegang pada pendapat Victor Turner yang menyebutnya sebagai masyarakat liminality. Masyarakat mana digambarkan tidak mempunyai rujukan budaya yang jelas (Abdullah, 1999). Tidak mudah untuk mewujudkan masyarakat industrial tanpa memanfaatkan potensi keragaman budaya masyarakat Sultra. Diperlukan kerja keras dan nilai jujur untuk mengembangkan budaya masyarakat agar menjadi lebh dinamis, terbuka, dan bebas dari tekanan, agar jalan menuju masyarakat industrial yang berbudaya lebih terbuka luas.
Kenyataan yang ada sekarang adalah masyarakat Sultra yang majemuk, menganut sistem nilai sosial dalam bentuk bagian-bagian, sehingga para anggota masyarkat kurang memiliki loyalitas terhadap masyarakat sebagai sebuah keseluruhan, kurang memiliki homogenitas kebudayaan. Jika kita bisa memaparkan pendapat Berghe (dalam Abdullah, 1999), tentang karakteristik masyarakat majemuk, yaitu: (1) terjadinya segmentasi ke dalam bentuk kelompok-kelompok yang mempunyai kebudayaan yang berbeda satu dengan yang lain, (2) memiliki struktur sosial yang terbagi dalam lembaga yang bersifat non-komplementer, (3) kurang mengembangkan konsensus di antara para anggotanya terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar, (4) secara relatif sering mengalami konflik antara kelompok, (5) secara relatif integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di bidang ekonomi, dan (6) adanya dominasi politik oleh satu kelompok atas kelompok lain.
Ciri yang dikemukakan tersebut tidak sepenuhnya terjadi dalam latar budaya masyarakat Sultra dewasa ini atau jika ciri tersebut dipandang bersifat universal, maka budaya masyarakat Sultra yang majemuk itu, merupakan pengingkaran dari berbagai ciri tersebut. Ciri ketiga, empat, lima dan enam tidak ditemukan dalam latar budaya masyarakat Sultra dewasa ini. Kondisi budaya Sultra 2003 tersebut, merupakan modal dasar untuk dijadikan fondasi utama menuju percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat industrial yang hidup dalam suasana sejahtera di berbagai dimensi kehidupan.
D. Sosialisasi Nilai Budaya Menuju Masyarakat Industrial
Dalam kondisi budaya seperti tersebut di atas, maka diperlukan suatu kearifan dalam bentuk aksi di mana masyarakat harus kembali berpijak pada institusi kelaurga untuk melakukan inkulturasi nilai-nilai budaya yang erat kaitannya dengan ciri-ciri masyarakat industrial. Melalui proses sosialisasi dan inkulturasi nilai budaya di lingkungan keluarga, diharapkan nilai-nilai demokrasi dan sikap kreativitas akan tumbuh subur dalam kehidupan masyarakat. Pemanfaatan keluarga sebagai basis kuat untuk menjadi persemaian bibit nilai-nilai budaya yang diperlukan untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dalam suasana masyarakat industrial.
Zaman kerajaan telah
berdiri kelembagaan budaya dalam bentuk kelembagaan pendidikan. misalnya: di
Buton dikenal Lembaga Pendidikan Zaawiyah, ada lembaga pengkaderan calon
pemimpin Belo Baruga (untuk
Laki-laki) dan Belo Mamba (untuk
perempuan). Di Kerajaan Konawe terdapat lembaga Inea Sinumo berkedukan di Abuki, di luar Sultra lembaga sejenis
tersapat di Kerajaan Bone bernama Anreguru
Ana Karung. Di lembaga pendidikan ini lebih menekankan pendidikan karakter
(berbicara, berperilaku yang santun), pendidikan kepemimpinan
Pada nuansa yang lebih luas, lembaga pendidikan harus
melanjutkan pertumbuhan nilai-nilai positif dalam proses pendidikan yang
dilakukan. Selama ini lembaga pendidikan khususnya pendidikan persekolahan
terkesan lebih memposisikan dirinya sebatas lembaga pengajaran dalam
kegiatannya. Meskipun pelajaran agama dan nilai-nilai Pancasila telah
disampaikan, tetapi penekanan lebih berat ditujukan pada kepentingan pengajaran
(aspek kognitif) dari pada kepentingan sosialisasi nilai dalam bentuk domain
afektif. Demikian pula domain psikomotorik kurang tersentuh, sehingga peran
lembaga persekolahan sebagai arena pelatihan tidak nampak, akibatnya sikap
kreativitas peserta didik tidak berkembang.
Upaya untuk meminimalkan kendala budaya dalam mewujudkan masyarakatindustrial, diperlukan suatu strategi mengubah kendala menjadi potensi. Tentu saja diperlukan suatu kearifan dalam meramu potensi budaya yang ada, seperti keragaman budaya yang dapat menjadi peluang banyaknya bibit unsur budaya inovatif, rendahnya disiplin dan ketaatan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan rendahnya rasa percaya diri, dapat ditekan dengan penanaman sikap disiplin dan kejujuran melalui tripusat pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), kreativitas rendah dalam bidang IPTEK, rendahnya sikap solidaritas dapat ditingkatkan dengan penekanan pada aspek psikomotirik, sikap demokratis, dan sikap solidaritas dalam setiap kesempatan sosialisasi nilai atau pendidikan.
Diperlukan beberapa persyaratan agar gagasan tentang masyarakat industrial yang berbasis pada budaya sultra dapat diimplementasikan dengan baik. Persyaratan tersebut dapat diperikan berikut ini.
1. Pemahaman yang Sama
Pada tingkat awal sangat diperlukan adanya pemahaman bersama di kalangan masyarakat, tentang apa dan bagaimana karakteristik dari masyarakat yang disebut masyarakat industrial itu. Paling tidak secara konsepsional prinsip-prinsip dasarnya harus dipahami secara bersama, sehingga relatif tidak ada lagi yang tidak memahami apa yang digariskan dalam prinsip-prinsip dasar masyarakat industrial tersebut. Masyarakat harus memahami lebih dahulu bagaimana mekanisme sistem yang terdapat dalam masyarakat industrial itu dalam dinamika kehidupan masyarakat Sultra. Dengan pemahaman seperti itu, relatif akan menjadi lebih mudah bagi masyarakat untuk melangkahkan kaki selanjutnya menuju masyarakat industrial. Karena itu sosialisasi tentang budaya yang ada saat ini dan sistem masyarakat yang dicita-citakan itu perlu dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan dan media yang ada.
2. Keyakinan dan Saling Percaya
Menumbuhkan keyakinan di kalangan masyarakat bahwa masyarakat industrial adalah masyarakat pilihan yang terbaik dalam mewujudkan suatu sistem sosial yang dicita-citakan, perlu dikondisikan. Hanya dengan keyakinan itu, proses untuk menuju masyarakat sejahtera dapat dilakukan. Seiring dengan itu harus pula ditumbuhkembangkan rasa saling percaya di kalangan masyarakat dengan meningkatkan rasa keadilan dan kejujuran dalam berbagai dimensi kehidupan.
3. Satu Hati dan Saling Tergantung
Sebagai refleksi dari kondisi satu hati akan tergambar dari semakin menguatnya rasa saling ketergantungan (interdependecy) antara individu dengan kelompok masyarakat. Dalam kondisi seperti ini, tingkat saling membutuhkan antar berbagai segmen masyarakat akan menjadi bagian terpenting dari moral kehidupan masyarakat.
4. Kesamaan Pandangan tentang Tujuan dan Misi
Jika kondisi satu hati dalam masyarakat sudah menunjukkan benih-benih yang menggembirakan, kesamaan pandangan baik mengenai tujuan dan misi menjadi lebih mudah untuk diwujudkan. Perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat tentu tidak dapat dinafikan begitu saja, tetapi perbedaan itu menurut Abdullah (1999) bukan untuk diarahkan menjadi suatu yang bersifat uniformity (keseragaman), tetapi dalam wujud unity (kesatuan) dan onenees (keutuhan).
Berbagai pihak telah menyadari bahwa dalam menyambut indutriaalisasi pada global, perlu menggali nilai-nilai budaya yang bersifat indigenous (Tilaar, 1999b). Kita harus mampu memodifikasi nilai-nilai budaya daerah atau nilai-nilai indigenous sesuai dengan nilai-nilai modern sehingga ketercabutan dari akar budaya dapat dihindarkan. Mempertahankan nilai-nilai indigenous yang bersifat positif akan membantu dalam mengemukakan dan mempertahankan identitas masyarakat Sultra. Pada akhirnya nantu, suatu masyarakat atau individu yang kehilangan identitas akan kehilangan keberadaannya. Oleh karena ini dalam era industrialisasi yang dicita-citakan manusia dan masyarakat unggul yang diharapkan adalah memiliki kesadaran dan apresiasi terhadap budayanya dan nilai-nilai yang berkembang di lingkungan sosialnya.
E. Penutup
Posisi kebudayaan dan peradaban Sultra dalam perekat antar
generasi dari masa ke masa. Meskpun
posisi kebudayaan masih dalam taraf perkembangan tetapi secara empiris memiliki
dasar yang kuat untuk dijadikan fondasi untuk meletakkan dasar-dasar perekat antar generasi untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan berbudaya dalam
suasana masyarakat industrial. Budaya masyarakat Sultra yang
majemuk/fluralistik memiliki banyak unsur-unsur inovatif yang dapat berfungsi
sebagai pilar utama dalam mengantarkan masyarakat Sultra yang maju dan mandiri
dalam wujud masyarakat industrial dan melek budaya.
Keragaman budaya masyarakat Sultra, bukan merupakan
penghambat kemajuan teknologi, tetapi lebih diarahkan sebagai potensi untuk
menjadi bahan racitan dalam mengembangkan budaya industrial yang bersifat
inovatif atau melalui proses akulturasi dengan unsur-unsur budaya lain dari
luar. Dengan demikian kemajuan budaya industrial yang diharapkan bukan hanya
merupakan invensi yang bersifat internal, tetapi juga dapat mengadopsi
unsur-unsur budaya/teknologi dari laur sepanjang tidak bertentangan dengan
nilai-nilai budaya masyarakat setempat, sehingga makin merekatkan persatuan dan kesatuan
antar komunitas dan antar generasi.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, T. dkk. 1999. Membangun Masyarakat Madani Menuju Indonesia
Baru Milenium ke-3. Yogyakarta: Aditya Media.
Anonim. 1982. Dokumenta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi Daerah Tingkat I
Sulawesi Tenggara. Kendari: Sekretariat DPRD.
Anwar. 2000. “Pelayaran Niaga Orang
Buton pada Abad XX”. Dalam Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan. Nomor. 027 Tahun ke-6. Jakarta: Balitbang Depdiknas.
Batoa, L. K. 1991. Sejarah Kerjaan daerah Muna. Raha:
Astri.
Capra, F. 1998. Titik Balik Peradaban: Sains, Masyarakat dan Kebangkitan Kebudayaan.
Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
Djami, M.A. dkk. 1992. Latar Belakang Budaya dan Prospek
Pengembangan Pariwisata Daerah Sulawesi Tenggara. Kendari: Laporan
Penelitian dibiayai DIKTI-Depdikbud.
Djarudju, L. S. 1989. “Konteks
Kepemimpinan Tradisional Buton dalam Menunjang Gersamata dan Pembangunan
Nasional”. Makalah disampaikan dalam Seminar tentang Kepemimpinan Menurut Budaya
Sulawesi Tenggara dan Kaitannya dengan Pembangunan Daerah/Nasional.
Kendari: FISIP-Unsultra, 23 November 1989.
Dryden, G dan Vos, J. 2000. Revolusi Cara Belajar: The Learning
Revolution. Bandung: Kaifa.
Naisbitt, J. 1997. Megantrends Asia: Delapan Megantren Asia yang Mengubah Dunia.
Jakarta: Gramedia.
Sudjana, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan
untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Bandung: Falah Production.
Tarimana, A. 1989. “Budaya
Kepemimpinan Tolaki dan Sumbangannya terhadap Pembangunan Desa (Gersamata) di
Sulawesi Tenggara”. Makalah
disampaikan dalam Seminar tentang
Kepemimpinan Menurut Budaya Sulawesi Tenggara dan Kaitannya dengan Pembangunan
Daerah/Nasional. Kendari: FISIP-Unsultra, 23 November 1989.
Thalha, A. 1982. Kabupaten Sulawesi Tenggara Fase Perkembangan ke Status Propinsi.
Kendari: Biro Hukum Sekretariat Wilayah Daerah Tingkat I Sulawesi Tenggara.
Tilaar, H.A.R. 1999a. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat
Madani. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tilaar, H.A.R. 1999b. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan
Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera.
Toynbee, A.J. 196. A Study of History. London: Oxpord
University Press.
Wertheim, W.F. 1999. Masyarakat Indonesia dalam Transisi: Studi
Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacara.
Dalam memposisikan budaya Sulawesi Tenggara dewasa ini
untuk dijadikan landasan menuju kemajuan, maka tidak berlebihan kiranya melihat teori Z yang muncul menyertai pembangunan ekonomi Jepang.
Teori ini dikembangkan oleh William G. Ouchi antara lain menyatakan
bahwa orang Jepang terbiasa hidup berdekatan secara harmonis dengan tetangga.
Karena itu orang Jepang memiliki kehidupan yang lebih terbuka sehingga sedikit
sekali rahasia kehidupan pribadi yang tersembunyi. Budaya inilah yang menjadi
faktor penyebab orang Jepang cepat maju, sesuai dengan kemampuan dan peluang
masing-masing, dapat bekerja sama dengan orang lain secara harmonis, dan dapat
menekan sekecilmungkin terjadinya benturan antar kepentingan masing-masing
individu atau kelompok. Sosial budaya masyarakat Jepang memberikan kontribusi
positif terhadap kemajuan pembangunan bangsanya.
Ciri yang dimiliki masyarakat Jepang dapat dijumpai
dalam budaya masyarakat Sultra dewasa ini, seperti terlihat dari keragaman suku
bangsa yang ada di Sultra merupakan suatu penanda adanya sikap keterbukaan
masyarakat setempat menerima orang luar bersama dengan budayanya. Selama ini,
tidak ditemukan benturan sosial yang berarti baik antar kelompok-kelompok
masyarakat setempat maupun dengan kelompok masyarakat pendatang. Kondisi ini,
merupakan salah satu indikator yang dapat berpengaruh positif terhadap kemajuan
pembangunan daerah di masa depan. Pertanyaannya sekarang: bagaimana
memanfaatkan kondisi ini secara efektif dan efisien dalam pembangunan
masyarakat Sultra yang maju dan berbudaya.
Di negara Industri baru Korea
Selatan muncul Teori W yang dikembangkan oleh Myon-Woo Lee. Teori ini menekankan
bahwa pengembangan budaya teknologi dan industri khusus Korea Selatan, untuk
mengantarkan negara ini menjadi salah satu adidaya ekonomi dunia. Ia
menyarankan perlunya upaya mengoptimalkan penggunaan budaya, keunggulan
geografis, karakteristik penduduk, sumber daya alam, dan kreativitas masyarakat
dalam menjadikan Korea Selatan sebagai salah satu pusat ekonomi paling maju di
dunia.
Ciri yang menjadi dasar kemajuan Korea Selatan jika dikaji dari
unsur-unsur budaya masyarakat Sulawesi Tenggara dapat ditemukan beberapa
persamaan. Budaya dari berbagai suku bangsa merupakan potensi besar memiliki
unsur-unsur inovatif untuk memacu percepatan pembangunan daerah, penduduk yang
memiliki latar belakang sosial budaya yang berbeda didukung oleh sikap toleransi
yang tinggi merupakan modal besar untuk mewujudkan suatu perpaduan unsur-unsur
budaya yang dapat melahirkan budaya besar seperti halnya yang terjadi di Mesir
Kuno, dan Yunani Kuno. Sumber daya alam baik di darat dan di laut merupakan
daya dukung yang cukup strategis didukung pula oleh adanya potensi untuk
mengembangkan sikap kreativitas yang telah dimiliki oleh sebagaian individu dan
kelompok masyarakat seperti ditunjukkan oleh para perajin dan pelayar dari
berbagai etnik yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar